Sholat Dhuha Memperbanyak Rejeki? Kok Bisa?

Assalamu’alaikum
Suasana pagi selalu saja mengundang inspirasi datang. Di sela-sela kesibukan kerja yang sebetulnya tidak terlalu sibuk, saya tiba-tiba mendapat inspirasi menulis. kali ini saya akan menulis tentang shalat sunah yang dilaksanakan di pagi hari ketika matahari mulai bertengger di langit-langit.

Amalan ini bisa dikerjakan dua, empat, delapan sampai dua belas rakaat setiap hari, sholat dhuha. Kabarnya, menurut ustadz yang saya pernah dengar dari ceramahnya, sholat ini memiliki keutamaan yang salah satunya adalah untuk memperlancar atau memperbanyak rezeki. Lantas saya coba telusuri darimana dasar beliau berkata seperti itu. Secara nalar, tidak mungkin sholat yang saya biasanya hanya kerjakan sebanyak dua rakaat itu mampu mengalirkan rezeki berlimpah kepada yang menjalankannya. Mari ikuti penelusuran saya.

Saya mencoba mencari-cari di internet tentang hadits yang menunjukkan bahwa sholat ini memperlancar rezeki, dan pada akhirnya saya mendapatkannya.

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).

Yap, hadist inilah yang menjadi satu dari beberapa refrensi saya yang menguatkan bahwa kata-kata ustadz saya itu benar. Pada hadits di atas disebutkan bahwa kita –umat Islam, dianjurkan bersedekah untuk setiap ruas tulang badan –ini logika sederhananya. Apabila di tubuh manusia ada lebih dari seratus ruas tulang, maka sebanyak itulah kita menyedekahkan atasnya. Dan untuk membayarnya, kita dianjurkan untuk mengucap tasbih, takbir, tahmid, tahlil, dan ber-‘amar ma’ruf nahi munkar. Namun, Allah memberikan kemudahan semudah-mudahnya kepada manusia, ‘pembayaran’ itu bisa diganti oleh sholat yang hanya dua rakaat saja dipagi hari. Hal ini bukan berarti tidak perlu lagi melakukan takbir, tahmid dan yang telah disebut di atas, tetap harus dilakukan untuk menambah amal ibadah, tentunya.

Mari kita cermati lagi, dengan melaksanakan sunnah dhuha, artinya kita sudah menyedekahkan atas semua ruas tulang pada tubuh yang jumlahnya sebanyak itu. Lalu, apa sebenarnya keutamaan dari sedekah? Al-Qur’an menyebutkan banyak sekali keutamaan sedekah, namun saya hanya mengutip satu ayat saja.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Al-Baqarah 261)

Bila ditelaah kembali, pada ayat di atas disebutkan bahwa orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, disetiap bulir tumbuh seratus biji, bila dikalkuasi, berarti ada 700 biji. Artinya, satu butir benih mampu menumbuhkan 700 biji (kebaikan). Apabila satu ruas tulang kita ibaratkan sebagai satu butir benih yang menghasilkan 700 biji, maka seratus ruas tulang sama dengan 70000 kebaikan –dalam hal ini rezeki– yang kita peroleh. Jadi wajar kalau Allah akan melimpahkan rezeki berlipat-lipat melalui sholat dhuha yang kita kerjakan.

Beberapa hal yang perlu menjadi catatan di sini adalah, rizki memiliki arti luas. Rizki bukan hanya uang, perhiasan, mobil atau sejenisnya. Rizki bisa berupa kenikmatan masih bisa melihat, mendengar, mempelajari ilmu agama tanpa ada yang mengganggu, dan lain sebagainya. Adalah hak prerogatif Allah mau memberikan rizki yang seperti apa kepada siapapun yang Dia kehendaki. Wallhu a’lam. Sekian.
Wassalamu’alaikum

Advertisements

One thought on “Sholat Dhuha Memperbanyak Rejeki? Kok Bisa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s