Seumpama Aku adalah Kamu

6 Mei 2014, mencoba merangkai kata-kata untuk sekedar diuntai dalam baris kalimat, membagikan sedikit pengalaman dan apa-apa yang saya ingin tulis di pikiran saya.

Pernah pada suatu hari saya mendengar sebuah perkataan dari seorang kriminolog di salah satu acara televisi. Begini katanya “kenapa di Jepang itu jarang terjadi pencurian? Bahkan ketika dompet kita terjatuh di jalan sekalipun, dompet tersebut tak akan pernah lari kemana-mana, tetap pada posisi awal dia terjatuh. Lantas mengapa? Hampir sebagian besar orang memiliki pikiran, seumpama saya mengambil dompet yang berisi puluhan ribu yen di dalamnya, maka bagaimana nasib si empunya dompet? Boleh jadi dia gagal membayar hutang yang membelit keluarganya, boleh jadi anaknya kelaparan menunggu ayahnya pulang membawa sekotak susu dan istrinya murung karena tidak ada lagi uang belanja untuk hari ini, bagaimana kalau saya ada diposisi dia?”

Saya pikir, ini adalah pola pikir yang sangat cerdas, bahkan untuk orang jepang yang tidak beragama sekalipun. Mampu memposisikan diri pada tempatnya. Cara berpikir yang seperti ini boleh jadi jarang untuk orang-orang di negeri dimana korupsi dan sejenisnya tumbuh subur. Iya, saya menyoroti Indonesia. Jangan dilihat dari orang-orang ‘tertindas’ dulu deh, coba dari kalangan ‘the have’. Meski sudah memiliki penghasilan yang terlampau besar sampai luber-luber, orang-orang ‘the have’ masih saja merasa kurang untuk lebih menjarah lagi pundi-pundi negara. Entah apa yang ada di pikiran manusia macam mereka. Seumpama luberan uang mereka dan uang-uang yang mereka jarah itu terdistribusi secara optimal di seantero masyarakat miskin di nusantara, boleh jadi tiada lagi kaum marginal yang terlampau miskin, tiada lagi sekolah yang hampir ambruk hanya karena hujan dan angin, tiada lagi kolong jembatan bahkan kuburan orang cina untuk ditempati sebagai rumah. Ah, mungkin saya bermimpi. Semoga saja suatu saat nanti, para ‘the have’ itu mengerti bagaimana rasanya ketika menjadi orang tertindas.

Leave a Reply

