Unsung Hero

Pagi, matahari masih enggan menampakkan seluruh kemegahannya, dingin sedikit menggelayuti kota ini, Jakarta. Masih pagi, dan sahutan ayam masih terdengar, kicauan burung mulai nyaring mengangkasa. Tidak seperti biasanya, setelah sholat subuh saya membuka lembar per lembar Al-Qur’an, menyelesaikan setoran tilawah sedikit demi sedikit –biasanya saya lakukan ini selepas maghrib. Setelah membaca lebih kurang setengah juz, saya membuka facebook, di beranda terlihat link dari suatu media elektronik yang membuat saya tertarik untuk membuka.

Benar, saya langsung tertarik membuka dan menelusuri link tersebut, ternyata sebuah video inspiratif dari negeri seberang. Bukan khusus video motivasi, bukan. Tapi ini sebuah iklan perusahaan asuransi dari Thailand. Di dalam video ini bercerita tentang sosok pemuda yang menolong orang-orang di sekitar, mainstream memang, tapi pertolongan yang beliau lakukan bukan hanya sesekali, tapi setiap hari. Mulai dari meletakkan tanaman yang kering karena kehabisan air di bawah atap yang mengalirkan air ke tanah, membantu mendorong gerobak seorang nenek tua penjual sayur, memberi makan anjing, memberi sedikit uang kepada pengemis, memberikan buah kepada nenek tua, hingga memberikan tempat duduk kepada seorang wanita di dalam bis, mainstream kan?

Lantas, apa balasan dari apa-apa yang beliau lakukan? Dia akan menjadi kaya? Dia akan menjadi terkenal? Dia akan menjadi sosok idola dan muncul di televisi? Tidak, Bukan itu jawabannya. Sebuah emosi yang membuncahkan kekaguman dari suatu kebaikan sederhana yang dilakukan berulang ending-nya. Mungkin, banyak video insipiratif lainnya yang bahkan jauh lebih menarik ketimbang video ini, tetapi ini mampu membius penontonnya ke dalam rasa kagum, atau bahkan malu? Iya, malu atas dirinya sendiri yang belum mau melakukan kebaikan-kebaikan sederhana yang bahkan anak kecil pun mampu melakukannya. Lihat videonya di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s