Doa Kehidupan

Kehidupan memang penuh dengan misteri. Si pemeran kehidupan bahkan boleh jadi belum mengetahui apa-apa yang bakal terjadi setelah ini, yang memiliki kuasa akan masa depan adalah jelas, Sang pencipta kehidupan. Terkait dengan hal ini, boleh saya sedikit bercerita?

Pada postingan sebelumnya, saya sudah pernah menulis bahwa hidup tidak semudah jalan pikiran kita. Hidup tak sesimpel apa yang kita rencanakan. Pernah guru saya mengatakan –sewaktu saya masih menginjak bangku SMA– bahwa terkadang, untuk mencapai sebuah tujuan, target atau apalah itu orang menyebutnya, kita harus berani memutar seratus delapan puluh derajat arah hidup kita. Artinya, ketika kita sudah memiliki kemampuan atau bekal di bidang ini misalnya, bukan berarti kita lantas mendapatkan penghidupan sesuai dengan bidang yang kita kuasai. Seorang guru bahkan boleh jadi beralih profesi sebagai teller bank –misalnya– sebelum takdir menentukan bahwa dia pantas menjadi guru di kemudian hari. Tapi untuk beberapa kasus, mungkin ada diantara mereka yang jalan hidupnya sesuai dengan platform dan skenario yang bahkan mereka sudah susun sebelumnya. Inilah orang-orang yang beruntung, maksudnya orang ini memiliki faktor ‘luck’ yang besar karena hidupnya sesuai dengan ekspektasinya. Tuhan, jikalau kehidupan ini harus memberiku jalanan terjal, berbatu tajam bahkan penuh duri untuk kulalui, beri sedikit kekuatan untuk aku bisa melewatinya dengan baik. Namun jikalau kehidupanku pada nantinya sesuai dengan apa-apa yang aku sudah rencanakan, berilah aku peringatan untuk tidak lalai atas-Mu, tidak sombong dan tidak malas bekerja keras. (HN)

 

Leave a Reply

