Cerita-Cerita Kala Itu

Masih ingat ketika kita sama-sama menjalin yang kata orang-orang disebut cinta? Di tempat ini kita saling bercerita tentang hidup. Hidup kita yang sama namun banyak sekali perbedaan di dalamnya. Kita sama-sama lahir dari keluarga mumpuni, sama-sama lahir dari keluarga yang bahkan masih lengkap sampai detik ini, sama-sama masih bisa merasakan kehangatan pelukan seorang ibu, penjagaan yang hebat dari seorang ayah. Dan saudara-saudara kita yang senantiasa mengisi hari-hari kita, bukan? Kita juga sama-sama manusia yang menjaga taat kepada keyakinan kita yang jelas berbeda.

Namun, aku-kamu jelas berbeda. Nyata sekali terlihat. Aku jelas-jelas berada dalam pola keluarga yang keras, ditempa ini-itu semasa kecil. Ibu jelas mengatakan tidak boleh membeli ini-itu. Iya, aku dituntut untuk menjadi anak yang mandiri. Kau tau? Bahkan saking kerasnya ayah dan dibersamai oleh aku yang masih membandel ketika itu, aku pernah disemprot habis-habisan karena beliau tau aku sedang berfoya-foya–bermain PS dari pagi hingga menjelang siang dengan meninggalkan pekerjaan rumah yang sama sekali belum tersentuh.

Sedang kamu, mungkin bisa dibilang sedikit dimanja dengan ini-itu. Keperluanmu boleh jadi seketika bisa kamu dapat bahkan beberapa menit setelah kamu meminta. Tapi ada sesuatu yang membuat aku salut padamu. Meski dahulu sering kali kamu dimanja, diberi ini-itu, sekarang kamu tumbuh menjadi sosok yang kuat. Kamu tidak terlena dengan ‘manja-manja’ mu itu, kamu mampu memposisikan diri kapan harus bermanja dan kapan harus kuat, tegar. Ini yang membuatku semakin tertarik padamu. Cerita kala itu benar-benar membuatku kagum atasmu.

–Ahsan, Cinta tak Berujung. (HN)

Leave a Reply

