Pawai Ramadan, 18 Hari Menuju Bulan Kebaikan

Ramadan, bulan yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya oleh semua umat Islam di dunia, bulan yang di dalamnya terdapat banyak sekali keberkahan, kemuliaan, kebaikan, rahmat dan ampunan. Iya, tak bisa dipungkiri bahwa semua manusia harus sepakat apabila kedatangan bulan ramadan merupakan suatu keberuntungan yang besar bagi semua manusia. Bagaimana tidak, di bulan ini, orang yang biasanya jarang sekali pergi ke masjid, mendadak langsung rajin pergi ke masjid melaksanakan ibadah tentunya.

Suka cita dalam menyambut kedatangan bulan ramadan ini juga dirasakan oleh aktivis-aktivis dakwah kampus yang ada di seantero jagat UI. Hal ini diluapkan melalui kegiatan yang meriah, salah satunya pawai ramadan. Pawai ini dilakukan serentak mengelilingi seluruh fakultas yang ada di UI, dengan massa yang massif, kegiatan ini mampu menyihir para pengguna jalan untuk ‘kepo’ terhadap aktivitas kami.

Pawai ini dilakukan mengitari kampus UI pada tanggal 21 Juni kemarin, dan dilakukan dari fakultas satu ke fakultas lainnya. Kami berkumpul pukul 06.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB, bukan apa-apa, segala kegiatan pasti memerlukan persiapan. Waktu satu jam itu kami gunakan selain untuk menunggu massa yang belum datang, juga mempersiapkan atribut dan amunisi yang akan dibagikan kepada seluruh penghuni UI. DSC_0857

Iya, foto di atas menggambarkan pejuang-pejuang foksi sedang mempersiapkan atribut pawai. Perlu dketahui, pawai ini bukan pawai biasa. Pasalnya, pawai di sini setiap LDF nya harus memakai pakaian adat dari berbagai daerah di tanah air. Kebetulan foksi mendapatkan instruksi untuk memakai pakaian adat betawi, jadi tidak perlu bawa ini itu, cukup selembar sarung dan kopiah.

Setelah seluruh atribut siap, kami bergegas merapatkan barisan. Seluruh LDF berbaris membentuk tiga banjar mulai dari LDF yang paling depan sampai yang terakhir. Sebelum beranjak, kami mendengarkan instruksi rute yang akan dilewati mengitari UI dan mendengarkan orasi dari Ketua LDK Salam UI. Penuh semangat, begitulah orasi yang disampaikan beliau sebelum memulai perjalanan kami. Pekikan takbir membahana mewarnai seantero jagat UI Depok sehingga menarik perhatian bagi orang-orang sekelilingnya. Seusai orasi, kami berjalan mengikuti mobil sound yang menggaungkan gema takbir berulang kali. Seperti yang telah saya sebut di atas, pawai ini melewati fakultas-fakultas yang ada di UI sehingga ketika sampai pada satu fakultas, maka giliran ketua LDF di fakultas tersebut lah yang berorasi.

DSC_0861

DSC_0863

Gambar di atas menunjukan ketua BEM MIPA sedang berorasi, karena kami berhenti di depan fakultas MIPA, Fakultas ini pada saat itu juga membawa massa dari BEM sehingga mempersilahkan ketua BEM nya berorasi setelah ketua LDF orasi.

DSC_0870

Pada akhirnya tiba giliran LDF kami yang maju berorasi, gambar di atas terlihat bahwa ketua foksi sedang berorasi dengan semangat melangit. Ada satu hal yang menarik untuk saya bahas disini. Saat itu MC mengatakan bahwa Vokasi adalah fakultas yang panas. Bagaimana tidak, fakultas ini adalah salah satu fakultas paling gersang di UI Depok, wajar apabila beliau berkata seperti itu. Namun dengan elegan ketua foksi menjawab “Walaupun fakultas kami panas, tapi kami siap menjadi penyejuk bagi penghuni-penghuninya.” Kata-kata itu langsung disambut takbir oleh seluruh peserta pawai, khususnya pejuang foksi itu sendiri.

DSC_0879

DSC_0880

DSC_0881

Iya, begitu meriahnya pawai menyambut ramadan kali ini, seluruh jajaran aktivis dakwah kampus berkumpul dan bertakbir, membagikan selebaran-selebaran kegiatan selama ramadan di kampus UI. Bukan lagi fakultasku atau fakultasmu, tapi ‘kita’, kita menyambut datangnya bulan mulia.

DSC_0882

DSC_0883

Kami akhirnya sampai pada titik akhir, kami berkumpul di Masjid UI untuk sejenak mengistirahatkan badan yang sudah sedari tadi melakukan longmarch mengelilingi UI, lelah memang, tapi semangat kami tidak pernah lelah dalam memassifkan propaganda-propaganda ramadan di kampus perjuangan. Semoga kita disampaikan oleh Allah pada ramadan tahun ini, Allahumma aamiin.

DSC_0888

DSC_0885

DSC_0886

DSC_0887

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s