Ngeblog itu rumit? Coba pikir lagi

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini. (wikipedia.org)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mempertahankan eksistensi dari sebuah blog ditentukan oleh jumlah visitor yang bisa dibilang tidak sedikit. Artinya, blog akan dianggap berguna ketika banyak pengunjung yang berkunjung ke blog si empunya blog. Berguna di sini memiliki arti yang luas. Bisa saja berguna sebagai bahan referensi, sebagai tempat saling share antara pengguna blog (biasanya di kolom komentar), tempat diskusi atau lain sebagainya.

Untuk memenuhi hal tersebut di atas, si empunya blog tentu harus memiliki keuletan dalam menulis artikel agar blog yang dimiliki tetap hidup. Masalahnya di sini, banyak sekali diantara si empunya blog yang memiliki innactive blog karena jarang sekali memuat tulisan (update tulisan di blog). Hal tersebut didasarkan pada ide dari empunya blog jarang sekali muncul, kalaupun muncul, maka sulit sekali menuangkan kata-kata yang enak dibaca. Sebenarnya hal ini bisa diatasi, salah satunya memunculkan kemauan, coba saja sesekali si empunya blog menulis artikel yang meski hanya satu paragraf. Tidak usah muluk-muluk memilih diksi kalimat yang tepat untuk dituangkan ke dalam tulisan, apapun yang ada di dalam otak, keluarkanlah. Jangan takut komentar negatif atau dan sebagainya bermunculan setelah kita menulis artikel tersebut, jadikan semua itu sebagai kritik yang dapat membangun diri agar bisa lebih baik dan lebih baik lagi dalam menulis artikel selanjutnya.

Setelah hal itu dilakukan, maka diperlukan sebuah konsistensi dari si empunya blog agar dapat update post secara kontinyu. Iya, blog akan terlihat lebih hidup ketika si empunya blog rajin mengupdate blognya. Setelah menuliskan postingan/artikel blog, sebaiknya si empunya blog menyertakan tag atau kata kunci dari postingan tersebut. Hal ini yang akan membuat search engine seperti google akan lebih mengenali blog Anda.

Masalah lain yang membuat si empunya blog malas dalam mengurus blognya adalah kesulitan dalam mengatur tata letak/template blog agar terlihat menarik. Memang, blog yang menarik adalah blog yang eye catching. Iya, seperti misalnya si empunya blog kesulitan dalam mengatur widget, menambah page, atau lain sebagainya. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengandalkan google sebagai referensi. Si empunya blog tinggal mengetik keyword yang dicari pada kolom pencarian google, tidak lama kemudian bisa dipastikan berjuta referensi muncul dalam berbagai bentuk tulisan.

Jadi, permasalahan yang ada pada sejumlah blogger dalam menjaga konsistensi blognya agar tetap hidup ada dua. Yang pertama yaitu ide atau kemauan yang jarang sekali muncul dan sulit menuangkannya ke dalam tulisan sehingga terkesan stag pada hal yang itu-itu saja dan membuat kreativitasnya terkungkung, selain itu yang kedua adalah masih menjadi suatu kebingungan bagi si empunya blog dalam mengatur tampilan blog agar terlihat menarik sehingga muncul perasaan kurang percaya diri dalam melakukan aktivitas blogging. Ada tambahan, beberapa blogger sering sekali lupa alamat blog dan password yang telah dibuatnya.

Sekian pemaparan tentang ngeblog dan segala kerumitannya menurut pandangan saya, komentar, pendapat dan saran serta kritik sangat diperlukan demi kemajuan tulisan-tulisan di blog ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Maju terus blogger Indonesia 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s