Karena Sholat Berjama’ah itu (bukan) Hanya untuk Aktivis Dakwah

Assalamu’alaikum

Akhir-akhir ini, banyak sekali orang yang seringkali meremehkan hal ini (sholat berjamaah), sekarang coba kita lihat fenomena yang terjadi di lapangan mengenai pemuda (terutama anak kost), kenapa saya ambil fenomena anak kost? jawabannya simpel, karena pada kondisi inilah mereka mulai menyepelekan sholat, jauh dari orang tua sehingga pengawasan tidak secara langsung dilakukan oleh orang tua. Oke kembali ke fenomena anak kost. Anak kost laki-laki kalau saya lihat di beberapa tempat, mereka lebih cenderung mengesampingkan sholat lima waktu yang dikerjakan secara berjama’ah, baik di masjid maupun di musholla. Mereka lebih memilih sholat di kost karena alasan yang klasik, malas, jauh, lagi asik main game, lagi asik nonton film, bla bla bla… Ah, memang, anak muda selalu saja mendahulukan nafsunya. Padahal, kalau mereka (para pemuda, anak kost) mau sebentar saja meluangkan waktunya untuk pergi ke masjid untuk sholat berjamaah, bukan tidak mungkin akan banyak sekali manfaat yang mereka dapatkan baik dari sisi ruhiyah maupun jasadiyah. Kenapa di sini saya tekankan untuk sholat berjamaah? Seperti yang kita ketahui, derajat pahala yang didapatkan jauh lebih banyak daripada kita melakukan sholat sendirian. Coba cermati hadits ini :

Dari Ibnu Umar rodhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata bahwa Rasulullah bersabda : Shalat berjamaah itu pahalanya dua puluh tujuh kali lebih baik dari pada shalat sendirian. (HR. Bukhari, Muslim, Baihaqi dan Ibnu Hibban)

Coba kita perhitungkan, kalau seumpama sholat sendirian itu hanya mendapatkan satu pahala saja, maka untuk bisa mendapat pahala satu kali sholat berjamaah diperlukan 27 kali sholat sendirian, atau dibutuhkan lima hari lebih kita baru bisa menyamai derajat tersebut, kalau itu sholat sendirian. Itu baru satu kali sholat berjamaah, sedang sehari ada lima kali sholat, kalau kita bisa memaksimalkan sholat kita untuk tetap berjamaah di masjid dalam sehari, maka akan didapatkan pahala sebanyak 135 pahala. Fantastis bukan?

coba saya jelaskan dalam bentuk lebih mudah dilihat :

pahala 1 kali sholat berjamaah = 27 derajat

pahala 1 kali sholat sendiri = 1 derajat

1 hari ada 5 kali sholat wajib

maka  waktu yang diperlukan untuk mendapatkan pahala 1 kali sholat berjamaah = 27 : 5 –>> 5 hari lebih 2 sholat sendiri.

bila dalam 1 hari full sholat berjamaah = 27 x 5 –>> 135 derajat

waktu yang diperlukan untuk menyamai sholat berjamaah yang full = 135 : 5 –>> 27 hari

bila dalam 27 hari kita melakukan full sholat berjamaah = 135 x 27 –>> 3645 derajat

Dari hitungan matematis yang saya uraikan di atas, jelas sekali terdapat perbedaan yang sangat mencolok atas derajat pahala yang di dapat antara sholat sendiri dengan sholat berjamaah. Apabila dalam satu hari kita hanya mendapatkan lima derajat sholat sendirian, maka sholat berjamaah sebanyak 135 derajat. Di atas juga diuraikan hitungan matematis derajat sholat berjamaah dalam 27 hari sebanyak 3645. Sedangkan dalam suatu hadits menerangkan bahwa apabila dalam 40 hari mengerjakan sholat berjamaah secara berturut-turut, akan terhindar dari pedihnya azab neraka, lihat ini :

Anas bin Malik rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah bersabda : Seseorang yang selalu shalat dengan berjamaah selama empat puluh hari tanpa tertinggal takbir yang pertama (bersama imam) akan mendapat dua jaminan: yang pertama diselamatkan dari neraka, dan dua bebas dari sifat munafik. (HR. Tirmidzi)

hanya kurang tiga belas hari lagi dari angka 27 hari kita bisa selamat dari pedihnya azab neraka dan terhindar dari sifat munafik, Rasulullah sendiri yang bilang seperti ini. Ah, menggiurkan~

Ini masih salah satu kenikmatan yang didapatkan dari orang yang sholat berjamaah. Sekarang kita berandai-andai sedang berada pada suatu labirin yang panjang dan berliku, terlebih lagi labirin itu gelap, sangat gelap. Bagaimana mungkin kita bisa menemukan jalan keluar dari labirin itu kalau kondisinya gelap gulita? Ya, cahaya adalah satu-satunya hal yang bisa menuntun kita dalam menemukan itu. Cahaya apapun itu, entah cahaya lampu, api, handphone dan atau sejenisnya. Seperti itulah sholat berjamaah, Allah akan memberikan cahaya di hari kiamat kepada orang yang melakukannya. Seperti hadits di bawah ini :

Dari Buraidah rodhiyallahu ‘anhu bahwa Rasululah bersabda : Gembirakanlah mereka yang selalu berjalan ke masjid di malam yang gelap bahwa mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Daud)

Sebuah pertanyaan akan saya tanya di sini. Seumpama ada segerombolan kambing yang sedang melakukan perjalanan jauh untuk mencari padang rumput yang luas sedang ada seekor srigala sedang mengamati mereka,  karena ada sesuatu hal, seekor kambing keluar dari gerombolan tersebut. Manakah yang akan diterkam oleh srigala tersebut? Mereka yang bergerombol atau si kambing yang keluar dari gerombolannya? Maka jelas si kambing yang terpisah itulah yang menjadi bakal calon makan siang srigala. Seperti inilah orang yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan sholat berjamaah, dirinya akan mudah dikuasai setan, seperti yang tercantum dalam hadits ini :

Dari Abu Darda rodhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, saya mendengar Rasulullah bersabda : Tidaklah terdapat tiga orang dalam satu kampung (satu pedalaman) dan mereka tidak melaksanakan shalat berjamaah, kecuali setan menguasai mereka. Maka hendaklah kalian berjamaah, karena sesungguhnya seekor serigala akan memakan domba yang terpisah dari kelompoknya. (HR. Abu Daud)

Jadi jelas, bagaimana Allah sangat memberikan perlindungan berlebih kepada mahluknya yang mengerjakan perintahnya.

Oke baiklah, saatnya saya menyimpulkan apa yang saya tuliskan di atas. pertama, orang yang melakukan sholat berjamaah mendapatkan pahala yang jauh lebih besar daripada orang yang melakukan sholat sendiri. Kedua, mereka akan terhindar dari pedihnya azab neraka dan kemunafikan. Ketiga, Allah akan menerangi mereka dengan cahaya pada hari kiamat. dan yang kelima, Allah akan menjamin mereka akan terhindar dari penguasaan setan terhadap dirinya. Itu tadi adalah sebagian dari sekian banyak keutamaan yang didapatkan dari sholat berjamaah. Jadi, masih mau sholat sendirian? Masih mau menggadaikan Allah dengan sesuatu hal duniawi? Coba tengok surat ini :

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya, niscayaAllah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga Adn. Itulah keberuntungan yang besar. Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman.” (QS As-Shaaf : 10 – 13)

Lalu, mengapa kita harus sholat berjamaah (bagi laki-laki)? ini jawabannya :

Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk. (Al Baqarah : 43)

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meri-wayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam telah bersabda: Aku berniat memerintahkan kaum muslimin untuk mendirikan shalat. Maka aku perintahkan seorang untuk menjadi imam dan shalat bersama. Kemudian aku berangkat dengan kaum muslimin yang membawa seikat kayu bakar menuju orang-orang yang tidak mau ikut shalat berjamaah, dan aku bakar rumah-rumah mereka. (Al Bukhari-Muslim)

Iya, karena sholat berjamaah diperintahkan untuk kaum laki-laki, dan bukan hanya untuk aktivis dakwah. Cukup jelas mengapa kita harus berjamaah dalam melakukannya.

Wallahua’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s