Quote

“Shalat lah kamu di belakang imam, sebelum kamu disholatkan di hadapan imam”

“Shalat lah kamu di belakang imam, sebelum kamu disholatkan di hadapan imam”

Iya, quote ini seakan memberi tusukan bagi saya, kalau kita cermati bersama, ini lebih mengarahkan kita kepada suatu peristiwa yang oleh orang banyak ditakuti. Apalagi kalau bukan peristiwa kematian. Saya akan sedikit mengulas arti tentang quote di atas. Pertama – tama, saya akan membahas kalimat pertama dalam quote di atas, belum bahas yang kematian ya, hehe

Disitu, tertulis Shalat lah kamu di belakang imam, artinya apa, kita sebagai hamba Allah punya kewajiban, yaitu sholat lima waktu kan? Lantas, sholat lima waktu yang gimana sih yang dimaksud di sini, jelas sekali disitu tertulis sholat yang dilakukan di belakang imam. Dari poin ini dapat kita ambil kesimpulan bahwa sholat di belakang imam berarti sholat berjama’ah. Benar kan?

Nah, yang jadi pertanyaan di sini, kenapa sih kita dianjurkan atau bahkan diwajibkan untuk sholat berjama’ah? Ada beberapa alasan yang ingin saya paparkan sesuai dengan pengetahuan yang saya punya. Alasan yang pertama adalah sholat berjama’ah itu punya nilai yang jauh lebih baik daripada sholat sendiri. Kalau sholat sendiri, Allah akan memberi kita (hanya) satu kebaikan (atau pahala), itupun kalau kita khusyuk dalam sholat kita. Tapi kalau sholat berjamaah, Allah akan memberi kebaikan sebanyak 27 derajat. Untuk lebih jelasnya bisa lihat Al – Qur’an atau bisa dilihat disini. Atau googling aja deh, hehe..

Alasan kedua yang ingin saya paparkan di sini adalah filosofi berjama’ah. Iya, kita ketahui bahwa berjama’ah itu memiliki arti bersama – sama. Lalu, ada apa dengan kata bersama – sama? Pernah dengar kutipan “sepuluh lidi jauh lebih sulit dipatahkan daripada satu lidi” atau “we are not superman, but we are superteam” ?

Dari kutipan tersebut kita bisa ambil poin bahwa orang yang mengerjakan sesuatu secara bersama – sama akan lebih mudah dan lebih baik hasilnya daripada orang yang mengerjakan sesuatu sendirian. Hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi menjelaskan bahwa Rasulullah saw memerintahkan kita untuk melakukan sesuatu kebaikan secara bersama (amal jama’i). berikut kutipan hadits nya :

Hendaklah kalian berjamaah dan jangan bercerai berai, karena syetan bersama yang sendiri dan dengan dua orang lebih jauh. Barangsiapa ingin masuk ke dalam surga maka hendaklah komitmen kepada jama’ah”  (HR At-Tirmidzi)

dari situ bisa kita ketahui bahwa beramal jama’i merupakan suatu urgensi yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam saat ini. Lebih lengkapnya bisa lihat disini. Jadi ngerti dong ya kenapa Allah dan Rasul-Nya menganjurkan kita untuk sholat berjama’ah, pantas saja Allah memberi pahala (atau kebaikan) yang jauh lebih besar pada sholat berjamaah daripada sholat sendiri. Bahkan Rasul sendiri bersabda tentang kehebatan dari ganjaran sholat berjama’ah (terutama subuh dan isya) ini, gimana kehebatannya? Ini hadits nya :

Rasulullah SAW Bersabda : Seandainya manusia mengetahui besarnya pahala yang ada pada panggilan (azan) & shaf pertama kemudian mereka tak bisa mendapatkannya kecuali dgn undian maka pasti mereka akan mengundinya. Dan kalaulah mereka mengetahui besarnya pahala yang akan didapatkan karena bersegera menuju shalat maka mereka pasti akan berlomba-lomba untuk menghadirinya. Dan kalaulah seandainya mereka mengetahui besarnya pahala yang akan didapatkan dgn mengerjakan shalat isya & subuh berjamaah dimasjid, pastilah mereka akan mendatanginya meskipun harus dgn merangkak. (HR. Al-Bukhari no. 69 & Muslim no. 437)

Oke, untuk ulasan tentang kematian, nanti akan saya jelaskan insya Allah pada posting selanjutnya, be patient ya, hehe..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s